Studi Temukan Risiko Kanker Payudara pada Pengguna IUD

Studi Temukan Risiko Kanker Payudara pada Pengguna IUD

Kabar tak enak datang untuk pengguna alat kontrasepsi hormonal. Studi terbaru menemukan, pengguna kontrasepsi hormonal seperti intrauterine device (IUD) memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi dibanding kelompok pengguna kontrasepsi lainnya.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal JAMA pada Rabu (16/10) lalu. Namun, peneliti menekankan bahwa secara keseluruhan, risiko kanker payudara pada pengguna IUD tetap lebih rendah jika dibandingkan faktor risiko lain seperti gaya hidup.

Studi ini menganalisis catatan kesehatan ribuan wanita Denmark berusia 15-49 tahun selama bertahun-tahun. Para peneliti membagi partisipan ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama adalah wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Kelompok kedua adalah mereka yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal jenis apa pun.

di antara lebih dari 150 ribu wanita, ditemukan sekitar 1.600 kasus kanker payudara.

Namun, wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal memiliki risiko 40 persen lebih tinggi dibanding kelompok lainnya. Risiko tersebut tidak meningkat seiring dengan lamanya penggunaan IUD.

Kaitan antara penggunaan alat kontrasepsi hormonal dan IUD sendiri sebenarnya telah ditemukan pada sedikit penelitian sebelumnya. Penelitian ini secara khusus mengidentifikasi risiko terkait penggunaan IUD.

American College of Obstetricians and Gynecologist sendiri pernah mengeluarkan imbauan yang menyoroti pentingnya setiap wanita untuk mempertimbangkan potensi risiko yang ada dari penggunaan IUD.

Beragam respons ahli

Direktur Komunikasi dan Edukasi Breast Cancer Foundation Susan G Komen mengatakan wajar jika banyak orang panik atau merasa khawatir atas hasil penelitian tersebut.

“Karena peningkatan risiko terkena kanker jenis apa pun itu mengkhawatirkan,” ujarnya, yang tidak terlibat dalam penelitian.

“Kami tidak ingin orang-orang melihat data ini dan merasa takut. Kami ingin mereka tahu bahwa ini hanya lah bukti dan informasi tambahan yang dapat mereka gunakan untuk berdiskusi secara mendalam dengan dokter,” tambah Komen.

Namun demikian, profesor kedokteran dari University of California, Amerika Serikat Eleanor Bimla Schwarz tetap menegaskan bahwa manfaat IUD jauh lebih besar dibandingkan risikonya. Data baru ini, menurutnya, seharusnya tak mengubah cara pandang wanita soal pilihan alat kontrasepsi.

“Risiko terkena kanker payudara sangat kecil, satu dari seribu. Risiko itu benar-benar lebih rendah daripada banyak risiko sehari-hari yang sering diambil wanita,” ujarnya.

Selain sangat efektif dalam mencegah kehamilan, IUD juga dapat membantu mengurangi pendarahan dan kram. Beberapa bukti juga menyebutkan bahwa pemasangan IUD dapat menurunkan risiko kanker endometrium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *