6 Manfaat Menakjubkan Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari

6 Manfaat Menakjubkan Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari

Tak cuma wangi, tanaman serai juga dikenal kaya akan manfaat. Manfaat itu salah satunya bisa didapat dari air rebusan serai.

Apa saja manfaat minum air rebusan serai? Simak daftar manfaatnya dalam artikel ini.

Dalam dunia kesehatan, serai biasa diolah menjadi teh alias direbus. Teh serai dipercaya jadi obat tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan masih banyak lagi.

Melansir Healthline, serai memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antikanker. Serai juga dapat membantu melindungi lapisan perut dan meningkatkan profil lipid yang jadi penanda kadar kolesterol.

Manfaat minum air rebusan serai untuk kesehatan

Serai menawarkan khasiat yang menjanjikan. Serai mengandung senyawa yang ampuh melawan peradangan seperti asam klorogenat.

Berikut manfaat minum air rebusan serai setiap hari.

1. Mencegah berbagai penyakit kronis

Serai mengandung senyawa antioksidan yang dikenal dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Senyawa antioksidan mampu membersihkan radikal bebas dalam tubuh yang jadi penyebab berbagai penyakit.

2. Menjaga gigi tetap sehat

Salah satu komponen utama serai, yaitu sitral. Menurut penelitian pada tahun 2021, sitral menunjukkan sifat antimikroba. Kandungan ini terlihat pada minyak atsiri.

Sitral sendiri diketahui memiliki kemampuan melawan Streptococcus mutans atau bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

3. Menurunkan risiko kanker

Serai memiliki kemampuan antikanker yang ampuh terhadap beberapa garis sel kanker. Manfaat ini terjadi karena kemampuan serai dalam meningkatkan imunitas untuk melawan perkembangan sel kanker.

Air rebusan serai juga digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Namun, konsumsinya tetap harus dilakukan di bawah pemantauan dokter.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Secangkir rebusan air serai membantu mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minuman ini juga efektif untuk mengatasi tukak lambung.

Selain air rebusannya, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial serai untuk melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

5. Diuretik alami

Serai dikenal sebagai diuretik alami. Diuretik membuat Anda lebih sering buang air kecil, membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

Sebuah studi tahun 2015 pernah melibatkan 55 pria dan 50 wanita menemukan bahwa rebusan air serai meningkatkan produksi urine lebih banyak daripada minuman lainnya.

Kelancaran buang air kecil penting untuk mengeluarkan berbagai racun dan limbah yang sebenarnya tak dibutuhkan tubuh.

6. Berat badan menurun

Rebusan air serai juga bisa diminum untuk meningkatkan proses metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Jika sedang dalam program diet. Ganti minuman manis Anda dengan minuman herbal, seperti teh herbal termasuk rebusan air serai.

Manfaat minum air rebusan serat di atas bisa didapat dengan konsumsi rutin.

Namun, jangan jadikan air rebusan serai sebagai satu-satunya pengobatan utama. Tetap konsultasikan dengan dokter untuk penanganan kondisi medis tertentu jika ingin dikombinasikan dengan serai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *