6 Manfaat Mandi Air Dingin, Bakar Kalori Lebih Banyak?

6 Manfaat Mandi Air Dingin, Bakar Kalori Lebih Banyak?

Dibanding air hangat, mandi air dingin terasa lebih tidak nyaman. Padahal, ada banyak manfaat mandi air dingin termasuk pembakaran kalori.

Buat mereka yang berolahraga, mandi air dingin membawa pemulihan buat otot dan mengurangi stres. Praktik ini dikenal dengan perendaman air dingin atau krioterapi (terapi dingin).

Rupanya lebih dari itu, mandi air dingin memiliki aneka manfaat.

Manfaat mandi air dingin

Berikut ini sejumlah manfaat mandi air dingin yang bisa kamu rasakan melansir berbagai sumber.

1. Memperbaiki mood

Mandi air dingin dapat meningkatkan mood dan energi juga kewaspadaan. Rachelle Reed, ahli fisiologi, menuturkan mandi air dingin memunculkan kegembiraan sebab ada peningkatan neurotransmitter epinefrin, norepinefrin dan dopamin.

Efek ini jadi alasan kenapa rasa sakit hilang setelah mandi air dingin.

2. Dukung kekebalan tubuh

Sebuah penelitian pada Mei 2014 membuktikan bahwa mandi air dingin mampu mendukung kekebalan tubuh.

Melansir dari , peneliti menguji apa sistem kekebalan tubuh sekelompok pria Belanda dapat ditingkatkan dengan berlatih meditasi, pernapasan mendalam dan mandi air dingin. Riset dilakukan selama 10 hari.

Peneliti kemudian menyuntikkan infeksi bakteri dan membuat peserta mengalami sejumlah gejala. Mereka yang melakukan latihan kebugaran, hanya mengalami sedikit gejala.

3. Kulit tetap lembap

Perubahan suhu air memengaruhi produksi sebum pada kulit. Air panas atau hangat dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit kering.

Sebaliknya mandi air dingin mencegah kulit kehilangan air dan hidrasi terjaga. Hal ini juga berlaku pada kulit kepala. Keramas dengan air dingin mencegah kulit kepala jadi kering dan rambut tetap sehat.

4. Menghangatkan tubuh

Terdengar aneh tapi manfaat mandi air dingin salah satunya mampu menghangatkan tubuh. Paparan suhu dingin mengaktifkan jaringan adiposa coklat (brown adipose tissue).

Melansir dari Style Craze, jaringan ini membantu menjaga suhu tubuh dalam kondisi dingin agar tetap hangat. Saat kedinginan, tubuh menggigil dan mengirimkan sinyal ke otak. Di sini otot berkontraksi dan brown adipose tissue aktif.

5. Bakar kalori

Mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dengan mengaktifkan lemak coklat yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Paparan air dingin membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu inti sehingga meningkatkan pembakaran kalori.

6. Turunkan hormon stres

Meski bikin tubuh menggigil, mandi air dingin ternyata berkaitan dengan kadar hormon stres alias kortisol lebih rendah. Manfaat mandi air dingin pun mampu menurunkan stres.

Ketika tubuh terkena air dingin, sistem saraf memicu respons stres. Hal ini mendorong tubuh beradaptasi dengan mengurangi kortisol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *