Makan Jantung Pisang untuk Menurunkan Kolesterol, Memangnya Bisa?

Makan Jantung Pisang untuk Menurunkan Kolesterol, Memangnya Bisa?

Katanya, jantung pisang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Benarkah demikian?

Jantung pisang kerap juga dikenal sebagai bunga pisang. Jantung pisang kerap dimasak sebagai sayur atau diseduh sebagai teh.

Meski menghadirkan rasa yang enak, jangan lupa untuk membuang getah di antara kelopaknya karena bisa mengeluarkan rasa pahit. Merendam kelopak bunga dalam air lemon dapat mengurangi rasa pahit yang tersisa.

Sama seperti buahnya, jantung pisang juga dikenal bernutrisi. Di dalamnya terdapat senyawa antioksidan, beberapa mineral, dan sedikit protein.

Selain itu, jantung pisang juga rendah kalori dan lemak serta menawarkan banyak serat.

Dalam setiap 100 gram (g) jantung pisang terdapat nutrisi sebagai berikut:

– 23 kalori
– 4 g karbohidrat
– 1,5 g protein

Jantung pisang untuk menurunkan kolesterol

Pertanyaannya selanjutnya adalah bisakah mengonsumsi jantung pisang untuk menurunkan kolesterol?

Pada dasarnya, jantung pisang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. Daun, getah, kulit, dan akar pohon pisang juga memiliki manfaat obat.

Melansir Healthline, jantung pisang ditemukan mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Senyawa tersebut ditemukan dalam tangkai dan daging bunga.

Hal di atas ditemukan dalam sebuah penelitian pada hewan. Senyawa tanaman alami yang dikenal dengan sebutan sterol berkontribusi dalam khasiat satu ini.

Sterol sendiri diketahui mampu membantu mencegah penyerapan kolesterol dari usus. Hal ini pada akhirnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hal yang hampir serupa juga ditemukan dalam penelitian lain pada tikus. Hewan pengerat tersebut diberi makanan yang mengandung bubuk jantung pisang. Hasilnya, hewan tersebut ditemukan memiliki kadar kolesterol dan gula darah yang lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol.

Para peneliti menduga, kandungan serat pada jantung pisang berpengaruh dalam khasiat ini. Sebuah ulasan menemukan, serat yang dipadukan dengan obat statin memiliki efek penurunan kolesterol yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan konsumsi obat statin saja.

Asupan serat diketahui dapat menggandakan dosis statin.

Namun demikian, penelitian di atas hanya diuji pada hewan. Diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia demi membuktikan manfaat jantung pisang untuk menurunkan kolesterol ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *