5 Jenis Olahraga Terbaik buat Kamu yang Mau Memulai Gaya Hidup Sehat

5 Jenis Olahraga Terbaik buat Kamu yang Mau Memulai Gaya Hidup Sehat

Olahraga jadi salah satu elemen penting dalam gaya hidup sehat. Tanpa olahraga, gaya hidup sehat yang Anda jalani akan sia-sia.

Tak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Jika Anda baru mau memulainya sekarang, simak beberapa jenis olahraga penting berikut ini.

Ada banyak alasan bagus untuk berolahraga. Profesor I-Min Lee dari Harvard Medical School mengatakan, beragam manfaat diberikan lewat olahraga.

Umur lebih panjang, menurunkan risiko diabetes, mencegah berbagai jenis kanker, mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap sehat, mengurangi kecemasan, hingga meningkatkan kualitas tidur jadi sederet manfaat berolahraga.

Merasa tidak aktif selama ini? Tak apa. Tak ada kata terlambat untuk memulai.

Umumnya, orang dewasa disarankan berolahraga intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu. Namun demikian, aktivitas apa pun tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berikut beberapa pilihan olahraga penting bagi kamu yang ingin memulai gaya hidup sehat, melansir Eating Well.

1. Jalan kaki

Dalam banyak hal, jalan kaki adalah jenis olahraga terbaik. Selain mudah diakses dan bisa dilakukan kapan saja, jalan kaki juga bisa membantu membakar kalori dan menjaga jantung tetap sehat.

2. Latihan kekuatan

Lee mengatakan, latihan kekuatan merupakan jenis olahraga penting yang sering diabaikan. Latihan jenis ini membantu membangun otot dan menurunkan berat badan.

Coba tambahkan latihan seperti lunge, push-up, dan squat. Kesemuanya bisa membantu jantung tetap sehat sekaligus meningkatkan kepadatan tulang.

Latihan jenis ini penting bagi orang dewasa yang lebih tua. Pasalnya, seiring bertambah usia, seseorang akan mulai kehilangan otot.

“Latihan kekuatan membantu meningkatkan fungsi tubuh seiring bertambahnya usia. Dan latihan kekuatan otot juga penting untuk metabolisme glukosa,” jelas Lee.

3. Yoga

Yoga juga sering diabaikan. Padahal, yoga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Yoga dapat membantu mengatasi nyeri punggung, meningkatkan kekuatan tulang, dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, yoga juga dikaitkan dengan kadar kolesterol yang baik dan tekanan darah yang terkontrol.

4. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang melatih seluruh tubuh dan tidak membebani sendiri.

“Berenang tak begitu bagus untuk membangun kekuatan tulang, karena berenang bukan olahraga yang menahan beban,” ujar Lee.

Namun demikian, berenang bisa bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki masalah sendi.

Jika Anda tak suka berjalan kaki atau berlari, berenang adalah latihan aerobik yang bagus untuk menggerakkan seluruh tubuh.

Selain memperkuat otot ini, berenang juga melatih banyak otot di lengan dan punggung yang sering kali terlewatkan.

5. Bersepeda

Bersepeda tidak membebani sendi seperti berjalan kaki. Lee mengatakan, bersepeda membantu membangun otot dan meningkatkan keseimbangan.

Selain itu, bersepeda juga baik untuk jantung Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *