Jalan Kaki Pagi vs Sore Hari, Mana yang Terbaik untuk Turunkan BB?

Jalan Kaki Pagi vs Sore Hari, Mana yang Terbaik untuk Turunkan BB?

Jalan kaki termasuk olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Lantas, manakah yang terbaik untuk menurunkan berat badan, jalan kaki di pagi hari atau jalan kaki di sore hari?

Salah satu aktivitas yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan adalah jalan kaki dengan rutin.

Banyak orang memilih untuk jalan kaki di pagi hari, namun tak jarang yang berjalan kaki sore hari setelah menyelesaikan pekerjaan.

“Jalan pagi memberikan pendekatan holistik terhadap kesejahteraan Anda, meningkatkan tingkat energi dan suasana hati, serta membantu mengelola berat badan dan mengurangi stres,” kata pakar kebugaran Yash Agarwal menukil Healthshots.

Meski begitu, jalan kaki, baik itu pagi hari maupun sore hari sama-sama memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Manfaat jalan kaki pagi hari

Berikut ini sejumlah manfaat jalan kaki di pagi hari:

1. Meningkatkan metabolisme dan energi

Beraktivitas fisik di pagi hari akan memicu metabolisme Anda, membantu Anda membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

Menurut sebuah penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology, orang yang berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan merasa lebih bersemangat dan berenergi daripada mereka yang berjalan kaki selama 20 menit di dalam ruangan.

2. Membakar kalori

Berjalan kaki, bahkan dengan kecepatan sedang, membantu membakar kalori. Semakin banyak Anda berjalan kaki, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Menurut sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Exercise Nutrition and Biochemistry, berjalan kaki membantu membakar lemak dan mengurangi ukuran pinggang.

3. Mengendalikan nafsu makan

“Jalan pagi dapat membantu mengatur hormon nafsu makan. Hal ini dapat mengurangi keinginan makan dan memberikan pilihan makanan yang lebih sehat sepanjang hari,” kata Yash.

Jadi, jika Anda suka makan tetapi pada saat yang sama ingin menurunkan berat badan, jalan pagi dapat membantu mengurangi keinginan makan sepanjang hari.

Selain itu, jalan kaki di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental dan memperkuat otot.

Manfaat jalan kaki sore hari

Jalan kaki di sore hari bisa membuat Anda lebih rileks dan membantu melepas lelah usai aktivitas seharian. Selain itu, aktivitas ini juga efektif menurunkan berat badan. Berikut sejumlah manfaatnya.

1. Membakar kalori

Berjalan, seperti latihan fisik lainnya, membakar kalori. Berjalan di sore atau malam hari dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes Care menemukan bahwa latihan di malam hari membantu Anda menurunkan berat badan dan melindungi dari berbagai masalah kesehatan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Yash mengatakan, jalan kaki sore hari, termasuk setelah makan malam dapat membantu merangsang pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, berpotensi membantu mencegah penambahan berat badan.

“Hal ini dapat berkontribusi pada penyerapan nutrisi yang lebih baik dan berpotensi mencegah makan berlebihan,” katanya.

3. Mengurangi nafsu makan

Jika Anda suka makan dan menonton film hingga larut malam, memulai jalan-jalan sore tidak akan membuat kalori menumpuk. Jalan-jalan sore dapat membantu mengendalikan keinginan makan atau ngemil di malam hari.

Selain tiga manfaat ini, jalan kaki di sore hari juga bisa menjaga kadar gula darah, meningkatkan kualitas tidur, dan melawan stres.

Mana yang terbaik?

Jalan pagi dapat meningkatkan metabolisme, mengendalikan rasa lapar, dan meningkatkan energi Anda. Jalan sore membantu Anda membakar kalori, meningkatkan pencernaan, dan menghilangkan stres.

Namun, waktu terbaik untuk jalan kaki bergantung pada rutinitas harian Anda. Konsistensi adalah kuncinya, jadi pilihlah waktu dalam sehari yang paling mungkin Anda patuhi. Imbangi pula dengan pola makan yang sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *