Cara Kilat, Apakah Bisa Turun BB 5 Kg dalam 1 Minggu?

Cara Kilat, Apakah Bisa Turun BB 5 Kg dalam 1 Minggu?

Banyak orang memimpikan penurunan berat badan dalam waktu singkat. Misalnya, beberapa kilogram (kg) berhasil diturunkan dalam waktu satu minggu.

Namun, apakah bisa turun 5 kg dalam 1 minggu?

Pada dasarnya, tak ada patokan pasti jumlah berat badan yang bisa diturunkan dalam periode waktu tertentu. Dengan demikian, menurunkan berat badan 5 kg dalam seminggu sebenarnya bisa saja meski dengan cara yang sulit.

Beberapa jenis diet menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat. Misalnya saja general motors diet atau diet GM yang menjanjikan penurunan berat badan hingga 6,8 kg dalam sepekan.

Mengutip Healthline, para pendukung diet GM mengklaim keberhasilannya didapat dari asupan rendah kalori seperti buah dan sayur. Banyak makanan yang direkomendasikan dalam diet ini mengandung air.

Dalam beberapa waktu ke belakang, muncul juga tren diet Tiongkok yang sempat viral di media sosial China. Tak main-main, berat badan bahkan diklaim bisa turun hingga 10 kg dalam sepekan.

Diet ini fokus pada pola makan di mana seseorang hanya mengonsumsi satu jenis makanan bernutrisi dalam sehari. Setiap harinya, seseorang akan menyantap satu jenis makanan berbeda.

Apakah bisa turun 5 kg dalam 1 minggu?

Kedua jenis diet di atas menjanjikan penurunan berat badan yang spektakuler dalam waktu singkat. Lantas pertanyaannya, apakah bisa turun 5 kg dalam 1 minggu?

Jika melihat kedua contoh diet di atas, sebenarnya mungkin menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu bisa saja dilakukan. Hanya saja, diet yang dilakukan tergolong kategori diet ekstrem.

Diet GM, misalnya, belum ada yang membuktikan keberhasilannya secara ilmiah. Diet ini juga dinilai kurang memasukkan nutrisi seimbang

Sebagian besar hari hanya menyediakan asupan protein dalam jumlah rendah. Padahal, protein punya peran penting dalam proses penurunan berat badan yang sehat.

Selain itu, kebanyakan hasil dari diet ekstrem juga bersifat sementara, seperti halnya diet GM dan diet Tiongkok. Sebagian besar berat badan yang hilang kemungkinan besar merupakan air, bukan lemak.

Penurunan berat badan yang drastis sendiri kerap dianggap sebagai proses diet yang tidak sehat.

Ahli nutrisi Sarah Gold Anzlovar mengatakan, seseorang setidaknya bisa menurunkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg per minggu dalam diet normal.

“Beberapa orang mungkin kehilangan [berat badan] lebih dari itu. Tapi, sering kali yang terjadi hanya-lah banyak air [yang terbuang], bukan kehilangan lemak yang sebenarnya,” ujar Anzlovar, mengutip Times of India.

Anzlovar tak menampik bahwa diet ketat dan ekstrem bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, cara-cara seperti ini tak ideal dan bisa merusak metabolisme tubuh.

Lagi pula, setiap individu memiliki kebutuhan diet yang berbeda untuk proses penurunan berat badan. Konsultasikan proses penurunan berat badan Anda dengan ahli demi menjamin efektivitas dan keamanannya.

Demikian penjelasan mengenai apakah bisa turun 5 kg dalam 1 minggu. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *