8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula di Pagi Hari

8 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula di Pagi Hari

Bangun tidur kurang lengkap rasanya jika belum minum kopi.

Selain menghindarkan dari rasa kantuk, minum kopi hitam tanpa gula di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko kanker, menurunkan berat badan, dan meningkatkan suasana hati.

Namun untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, Anda diimbau untuk minum kopi di antara pukul 09.30 hingga pukul 11.00 di pagi hari.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari dan waktu yang baik untuk minum kopi berikut ini.

Manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari

Kopi hitam tanpa gula ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk saat diminum di pagi hari.

Disarikan dari Healthline dan WebMD, ada beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula di pagi hari, yakni:

  • Menurunkan risiko Alzheimer hingga 65 persen, khususnya jika minum kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir sehari
  • Menurunkan risiko penyakit Parkinson dan mengurangi gejala yang muncul pada penderita penyakit Parkinson
  • Menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, dan liver, karena kandungan antioksidan pada kopi
  • Menurunkan risiko sirosis hari hingga 80 persen jika kerusakan yang dialami disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol, dan sebanyak 30 persen jika kerusakan bukan disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol
  • Meningkatkan suasana hati sehingga risiko depresi berkurang
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2, namun justru dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes tipe 2
  • Menurunkan nafsu makan jika dikonsumsi sekitar 30 menit hingga empat jam sebelum makan sehingga berat badan dapat berkurang
  • Meningkatkan performa fisik dan ketahanan kardio jika diminum sebelum berolahraga

Minum kopi hitam tanpa gula umumnya aman untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius, termasuk saat diminum di pagi hari.

Meskipun begitu, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein mungkin akan mengalami efek samping tertentu meskipun hanya minum sedikit, seperti sakit perut, insomnia, dan peningkatan irama denyut jantung.

Minum kopi secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko efek samping yang mungkin lebih serius sehingga Anda diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari empat gelas per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *