7 Cara Cepat Redakan Stres saat Kerja, Tak Sampai 10 Menit

7 Cara Cepat Redakan Stres saat Kerja, Tak Sampai 10 Menit

Ambil cuti dan liburan memang jadi cara ampuh redakan stres. Namun, jika belum sempat, maka cara-cara berikut bisa digunakan dan tidak memakan waktu lama.

Stres merupakan respons tubuh untuk bersiap dengan ancaman. Psikolog Heather Z. Lyons mengatakan, saat bersiap dengan ancaman, tubuh melepas hormon stres seperti adrenalin.

Hormon ini memicu peningkatan denyut jantung, mempersempit area pandangan mata, dan otot tegang.

Lyons mengatakan, sekali waktu, respons stres bisa dihadapi. Namun, jika terjadi dalam jangka panjang dan tidak terkontrol, stres bisa mengganggu kesehatan.

Cara redakan stres dengan cepat

Stres dalam takaran dan durasi tertentu malah bisa memacu produktivitas. Namun, saat berlebihan, tentu tidak lagi baik dan memicu masalah kesehatan.

Kenali diri Anda dan lakukan sejumlah cara agar stres setidaknya mereda dan tidak sampai merusak tubuh.

1. Bernapas dalam-dalam

Studi dalam jurnal Cognition and Emotion menunjukkan bahwa berbagai keadaan emosi dikaitkan dengan pola pernapasan tertentu. Pernapasan mendalam memberikan lebih banyak oksigen ke otak dan dapat menurunkan hormon kortisol, salah satu hormon stres.

Anda cukup menarik napas perlahan selama 5 detik, lalu embuskan perlahan hingga paru-paru kosong sepenuhnya. Ulangi hingga tubuh terasa lebih tenang.

2. Hirup aromaterapi

Indera penciuman bisa membantu membalikkan keadaan stres. Anda bisa menghirup aroma minyak atsiri atau aroma bernuansa nostalgia.

Ada beberapa jenis aroma yang dikenal ampuh meredakan stres seperti bitter orange, bergamot, frankincense, lavender, mawar, kayu cendana (sandalwood), vetiver, dan ylang ylang.

3. Hirup udara luar ruangan

Anda tidak harus pergi ke suatu tempat baru agar bisa merasakan udara bebas. Cukup keluar ruangan dan hirup udaranya. Kemudian saat ada waktu lebih banyak, coba ke taman kota atau tempat yang hijau.

Riset dalam jurnal Frontiers in Psychology menyebut, hanya duduk 10 menit atau berjalan di alam dapat menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan mental.

4. Ungkapkan rasa syukur atau terima kasih

Saat beban kerja terasa berat, rasanya dunia seperti bekerja melawan Anda. Untuk menghadapi rasa kewalahan dan putus asa ini, Anda cukup menuliskan 3-5 hal yang disyukuri.

Dengan menghitung berkat yang diterima, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan emosi positif, serta meredakan stres.

5. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet selama beberapa menit ampuh meredakan stres. Sebaiknya, pilih permen karet yang memiliki aroma tertentu dan kunyah setidaknya 3 menit.

Studi yang melibatkan 101 orang dewasa menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet saat bekerja memiliki respons stres lebih rendah.

6. Minum teh

Ada beberapa minuman yang mampu menurunkan stres, salah satunya teh. Sebaiknya minum teh dalam kondisi hangat agar memberikan rasa nyaman di tubuh.

Untuk pilihan jenis teh, teh chamomile, teh hijau, dan teh melati mampu meredakan stres dengan cepat.

7. Peregangan sederhana di meja kerja

Berikan tubuh waktu untuk istirahat meski sedang terburu-buru menyelesaikan pekerjaan. Saat sulit meninggalkan meja kerja, ada gerakan peregangan sederhana yang membantu membuat otot rileks. Berikut caranya:

– kepalkan kedua tangan dan dorong ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas,
– regangkan dan tahan selama 10 detik,
– putar tubuh bagian atas ke kiri dan kanan selama 30 detik. Ulangi.

Mengutip dari Healthline, peregangan dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan dan nyeri atau cedera akibat pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *