Awas Keliru, 3 Kebiasaan Baik Ini Justru Bisa Merusak Imun

Awas Keliru, 3 Kebiasaan Baik Ini Justru Bisa Merusak Imun

Sistem imun atau daya tahan tubuh harus tetap terjaga di tengah cuaca yang mulai berubah. Sistem imun penting untuk menghalau berbagai penyakit yang bisa muncul di musim peralihan.

Tapi sayangnya, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan baik yang justru bisa melemahkan sistem imun. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Sistem imun sendiri bertugas melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan lainnya. Saat sistem imun lemah, tubuh jadi mudah sakit.

Kebiasaan baik yang bisa melemahkan imun

Faktanya, tak semua kebiasaan baik bermanfaat untuk kehidupan. Beberapa kebiasaan baik justru bisa merusak imun.

1. Terlalu sering bersih-bersih

Menjaga kebersihan memang bagus. Tapi terlalu berlebihan justru bisa merusak kesehatan dan kekebalan dalam tubuh.

Mengutip Eating Well, terlalu sering bersih-bersih bisa membatasi paparan mikroorganisme yang harusnya bisa dipelajari sistem imun.

Anda disarankan untuk melakukan bersih-bersih dengan sewajarnya.

2. Asupan zinc berlebih

Zinc merupakan suplemen populer yang dikonsumsi orang saat tidak enak badan.

Konsumsi zinc memang bisa memberikan dampak positif terhadap sistem imun. Namun, hal yang sama tak akan berlaku jika konsumsi zinc dilakukan berlebihan.

“Mengonsumsi suplemen zinc secara berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi dan tembaga,” ujar ahli diet Lisa Andrews.

Tembaga sendiri berperan penting dalam menjaga sistem imun tetap kuat.

Alih-alih suplemen, Anda bisa mendapatkan asupan zinc secara alami melalui konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Olahraga berlebihan

Aktivitas fisik rutin memang bisa membuat tubuh lebih bugar. Namun, olahraga berlebihan bisa memberikan efek sebaliknya.

Saat seseorang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi tanpa pemulihan yang memadai, tubuh akan mengalami peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol. Peningkatan kortisol sendiri dapat menghambat fungsi sel-sel kekebalan.

Selain itu, olahraga berlebih juga ditemukan terkait dengan peradangan dan mengganggu keseimbangan bakteri usus yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *