Waspada 5 Gejala Khas Penyakit Jantung, Ada Bagian Tubuh yang Bengkak

Waspada 5 Gejala Khas Penyakit Jantung, Ada Bagian Tubuh yang Bengkak

Kabar duka kembali datang dari dunia ekonomi. Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia pada Kamis (5/9) dini hari.

Kepergian Faisal disebut disebabkan oleh penyakit jantung. Sebelumnya, Faisal juga sempat dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Faisal juga disebut sempat harus menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya. Namun, belum sempat dipasang, Faisal mengembuskan napas terakhirnya terlebih dahulu.

Gejala utama penyakit jantung

Sampai saat ini, penyakit jantung masih disebut sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini memiliki risiko kematian yang tinggi jika tidak ditangani dengan benar.

Penyakit ini tidak pandang bulu, siapa saja bisa terkena di segala usia. Dalam beberapa tahun terakhir, usia pasien penyakit jantung juga semakin bergeser ke usia produktif.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui sejumlah gejala utama penyakit jantung agar bisa ditangani dengan cepat.

Berikut ini beberapa gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai.

1. Nyeri dada

Sesak dan sakit di bagian dada adalah salah satu gejala umum yang kerap dialami orang dengan penyakit jantung. Rasa sakit ini biasanya disertai dengan rasa lelah dan dingin di bagian kaki.

2. Kaki dan lengan mati rasa

Sakit atau bahkan mati rasa akan muncul di beberapa bagian tubuh, terutama di kaki dan lengan. Rasa ini muncul karena pembuluh darah yang semakin menyempit, yang memicu pembengkakan di area perut dan sekitar mata.

3. Sakit kepala

Sakit kepala, pusing, hingga pingsan yang muncul setelah merasa lelah dan lemah bisa menyerang orang yang terkena penyakit jantung.

4. Detak jantung tidak teratur

Detak jantung lebih cepat bisa terjadi pada jantung yang bermasalah. Hal ini terjadi karena jantung sedang bekerja lebih keras memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh.

5. Bengkak di area tubuh

Bagian kaki, lengan, hingga perut akan membengkak. Pembengkakan biasanya disertai dengan rasa sakit karena aliran darah yang semakin berkurang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *