Kapan Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan Supaya Akurat?

Kapan Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan Supaya Akurat?

Angka pada timbangan menjadi penting bagi siapa pun yang sedang dalam program penurunan berat badan. Tapi, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk menimbang berat badan?

Angka timbangan biasanya bisa jadi motivasi tersendiri. Saat angka perlahan mengecil, semangat untuk terus melanjutkan program diet bakal semakin menggebu-gebu.

Dengan kata lain, diet yang dijalankan memberikan hasil nyata.

Waktu terbaik untuk menimbang berat badan

Namun, kadang kala waktu yang kurang tepat memberikan hasil angka yang kurang akurat.

Mengutip laman Cleveland Clinic, waktu yang tepat untuk menimbang berat badan adalah pagi hari setelah Anda buang air. Lakukan penimbangan sebelum Anda makan atau minum apa pun.

Salah satu alasannya adalah karena tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna semua makanan dan minuman yang dikonsumsi pada hari sebelumnya saat tidur.

Anda juga disarankan untuk menimbang berat badan secara teratur, baik itu sekali dalam seminggu atau setiap pagi. Beberapa penelitian menunjukkan, menimbang berat badan secara teratur memberikan penurunan berat badan yang signifikan.

“Menimbang berat badan secara teratur dapat membantu Anda tetap pada jalur yang sama dengan tujuan penurunan berat badan,” ujar ahli diet Maxime Smith.

Konon, Rabu adalah waktu terbaik untuk menimbang berat badan jika Anda ingin melakukannya seminggu sekali. Smith mengatakan, pertengahan minggu adalah waktu yang tepat untuk melihat kondisi tubuh.

Atau, Anda juga bisa melakukannya pada hari Jumat. Hari ini dianggap tepat karena bisa menggambarkan hasil yang didapatkan selama seminggu.

“Anda bisa melihat berat badan Anda setelah menjalani rutinitas selama lima hari. Jika perlu, sesuaikan rutinitas,” ujar Smith.

Cara menimbang berat badan yang benar

Demi hasil yang akurat, menimbang berat badan juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut di antaranya:

– timbang berat badan di pagi hari,
– kenakan sedikit pakaian atau tidak sama kali,
– jika memungkinkan, kenakan pakaian yang sama setiap kali menimbang berat badan,
– taruh timbangan di lantai yang keras,
– berdri tegak dengan kedua kaki tetap terbuka dan sejajar.

Demikian penjelasan mengenai kapan waktu terbaik untuk menimbang berat badan. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *