Awas, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Memperpendek Usia

Awas, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Memperpendek Usia

Ada banyak makanan tidak sehat yang tersedia di pasaran. Banyak di antaranya yang bisa memperpendek usia.

Lantas, apa saja makanan yang bisa memperpendek usia?

Manusia akan selalu membutuhkan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap bugar dan berenergi.

Sayangnya, kebanyakan orang lebih mengikuti keinginan atau nafsu makan melainkan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Tak jarang banyak orang cenderung konsumsi makanan tidak sehat saat lapar.

Betapa tidak, makanan-makanan yang mendapatkan cap tidak sehat biasanya memberikan rasa yang nikmat. Tapi di balik nikmatnya, ada banyak risiko penyakit yang bermunculan.

Sebut saja obesitas, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya yang bisa memperpendek usia.

Makanan memperpendek usia

Untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang bisa memicu kematian, Anda perlu pintar memilih-milih makanan.

Hindari beberapa makanan memperpendek usia berikut, merangkum berbagai sumber.

1. Gorengan dan serba tepung

Roti putih, pasta, adonan piza, hingga gorengan mengandung kalori yang tinggi, namun nutrisi yang rendah. Terlalu banyak konsumsi makanan jenis ini tidak baik untuk kesehatan.

Kalori dan lemak yang tinggi bisa membuat tubuh lebih cepat melar dan memicu obesitas. Dari sana, penyakit-penyakit lain pun bisa bermunculan.

2. Cake

Makanan manis, seperti kue, cake, dan lainnya juga perlu dihindari. Kandungan tinggi gula yang ada di dalamnya bisa memicu penyakit diabetes.

3. Sosis

Sesekali makan daging olahan memang tidak masalah. Tapi, jika terlalu sering, apalagi hampir setiap hari, tentu bisa berbahaya.

Daging olahan memiliki sifat karsinogen yang bisa memicu sel kanker. Bukan hanya itu, makanan jenis ini juga tinggi natrium yang bisa memicu hipertensi.

4. Junk food

Burger, piza, dan makanan cepat saji lainnya memang enak. Tapi, jika Anda ingin berumur panjang, sebaiknya hindari makanan ini.

Semua makanan jenis ini tinggi lemak trans yang bisa memicu masalah jantung. Tak cuma itu, makanan bertepung seperti yang banyak ditemukan pada junk food juga bisa memicu obesitas.

5. Daging panggang

Reaksi kimia pada saat daging dipanggang membentuk amina heteroiklik (HCAa) serta karbon hidrokarbon aromatik polisiklik. Semuanya terbentuk dari lemak dan sari daging yang menetes ke api.

Kedua zat ini bisa menyebabkan kanker yang bisa memicu kematian dini.

Demikian beberapa jenis makanan yang bisa memperpendek usia. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *